EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK SEHAT MUARA BUNGO

  • Novi Erviana Harahap STIKES Keluarga Bunda Jambi

Abstract

Pemberian informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien. Kualitas hidup dan pelayanan bermutu dapat menurun akibat adanya ketidakpatuhan terhadap program pengobatan. Penyebab ketidakpatuhan tersebut salah satunya disebabkan kurangnya informasi tentang obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan informasi obat kepada pasien di instalansi farmasi Klinik Sehat di Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengamati bagaimana penyampaian informasi obat pada pasien dengan rancangan cross sectional dengan mencatat secara sistematis menggunakan checklist yang berisi komponen informasi obat. Hasil pada penelitian ini didapatkan 80 pasien yang memperoleh pelayanan informasi menyebutkan nama obat, dosis obat, jumlah obat yang didapat, informasi indikasi obat dan waktu penggunaan obat adalah 100%. Hasil penyampaian informasi obat – obat tertentu; terkait interaksi obat jumlah pasien 24 orang, yang mendapat informasi Interaksi obat sebanyak 24 pasien (100%); dan 17 pasien yang memperoleh informasi cara penyimpanan obat sebanyak 12 pasien (71%) dan 5 pasien tidak mendapatkan (29%). Pelayanan informasi obat yang dilakukan oleh Apoteker kepada pasien secara umum sudah memenuhi standar dalam kategori sangat baik.

Published
2023-06-28
How to Cite
HARAHAP, Novi Erviana. EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK SEHAT MUARA BUNGO. MIDWIFERY HEALTH JOURNAL, [S.l.], v. 8, n. 1, june 2023. ISSN 2716-2486. Available at: <http://ojs.stikeskeluargabunda.ac.id/index.php/midwiferyhealthjournal/article/view/177>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.52524/midwiferyhealthjournal.v8i1.177.